14.8 C
New York
Friday, October 18, 2024

5 Suggestions Membeli Area id Expired, Berdasarkan Pengalaman


Area id dikenal sebagai high stage area Indonesia. Jumlah penggunanya belum banyak, sehingga peluang untuk mendapatkan nama area bagus terbuka lebar.


Mungkin kamu punya keinginan beli area .id untuk keperluan private atau perusahaan, hanya saja area yang diinginkan sudah dibeli orang lain.

Tapi tenang aja, pengalaman saya beli area, beberapa area .id banyak yang tidak diperpanjang pada tahun berikutnya.

Contohnya seperti area irfan.id. Awalnya area irfan.id bukan milik saya. Saat area .id dirilis kepublik oleh Pandi pada 2014 silam, irfan.id sudah duluan dibeli orang lain.

Untungnya, pada tahun berikutnya tidak diperpanjang, sehingga saya bisa beli area irfan.id pada 2015.

Nah, buat kamu yang juga sedang incar area .id, saya mau berbagi suggestions agar saat area expired, kamu bisa lebih cepat beli ketimbang orang lain.

Yuk, lanjut baca artikel ini.

Keunggulan Area id

Sebelum kita bahas cara beli expired area id, saya mau bahas dulu keunggulan area .id dibandingkan ekstensi lain seperti .com, .web, atau .org.

Area id adalah ekstensi area tingkat atas (TLD) yang spesifik untuk Indonesia. 

Ini memberikan beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer bagi bisnis dan individu yang beroperasi di Indonesia.

domain iddomain id

Berikut adalah beberapa keunggulan utama area .id yang perlu kamu ketahui:

  • Identitas Lokal: Menggunakan area id menunjukkan bahwa bisnis atau individu tersebut memiliki koneksi yang kuat dengan Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas di mata konsumen lokal.
  • web optimization Lokal: Area id dapat memberikan keuntungan dalam optimasi mesin pencari (web optimization) lokal. Algoritma pencarian Google dan mesin pencari lainnya cenderung memberikan peringkat yang lebih tinggi kepada situs net dengan area yang sesuai dengan lokasi geografis goal.
  • Dukungan Pemerintah: Pemerintah Indonesia mendukung penggunaan area .id untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi digital di negara ini. Hal ini dapat memberikan manfaat seperti dukungan kebijakan dan infrastruktur yang memadai.
  • Kesesuaian Budaya: Area .id dapat membantu bisnis atau individu untuk lebih memahami dan menyesuaikan dengan budaya Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan relevansi dan keterhubungan dengan goal pasar.
  • Pilihan Nama Area yang Lebar: Meskipun area .id mungkin tidak memiliki pilihan nama area yang seluas area .com, namun masih ada banyak opsi yang tersedia. Dengan sedikit kreativitas, kamu dapat menemukan nama area yang sesuai dengan bisnis atau merekmu.

Secara keseluruhan, area .id adalah pilihan yang baik untuk bisnis dan private yang ingin membangun kehadiran on-line yang kuat di Indonesia. 

Dengan keunggulan-keunggulan yang ditawarkannya, area .id dapat membantu meningkatkan visibilitas, kepercayaan, dan kesuksesan bisnis atau proyek kamu.

Sampai disini udah paham kan gimana hebatnya area .id ini.

5 Suggestions membeli expired area id

1. Cek informasi expired date area id

Area .id bisa dengan mudah dicek informasinya. Mulai dari tanggal pembelian, replace, nama server hingga tanggal expired area, lengkap dengan detiknya.

Kamu bisa gunalan situs Pandi dengan alamat: https://pandi.id/whois.

Dari sini kita sudah punya gambaran kapan sebuah area akan expired. Berdoa saja tidak diperpanjang.

2. Pahami siklus kehidupan area id

Sama seperti dengan ekstensi lainnya, area .id punya siklus kehidupan yang jelas.

Auto Renewal Interval (maksimal 45 Hari): Auto Renewal Interval, di–setup 35 hari (atau sesuai dengan ketentuan Registrar) dari tanggal area berakhir;

Standing area: renew interval. Dalam periode ini area masih bisa diperpanjang sampai dengan area dihapus

Redemption Interval (30 Hari): Redemption Interval, di–setup 30 hari dari tanggal berakhir masa auto renewal
(tanggal berakhir area + 35 hari auto renew interval + 30 redemption interval)

Standing area: pending delete. Area tidak dapat diakses dan telah di hapus oleh sistem. Dalam periode 30 hari ini area hanya bisa diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore” dengan biaya+denda = 400% dari biaya regular; caranya dengan mengajukan permintaan restore ke registrar

Pending Delete (7 Hari): Pending Delete, di-setup 7 hari dari tanggal berakhir masa redemption interval. (tanggal berakhir area + 35 hari auto renew interval + 30 redemption interval + 7 hari pending delete). Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi pemilik area untuk melakukan perpanjangan (renew atau restore). Area akan tersedia (out there) bagi setiap pendaftar setelah masa 7 hari pending delete berakhir. Pendaftaran area melalui persyaratan dan first come first served layaknya pendaftaran area baru.

3. Beli saat area tersedia sesuai GMT

Mungkin kamu sadar, disamping keterangan tanggal expired area terdapat jam hingga detik area berlaku.

Nah, waktu yang digunakan dalam siklus area menggunakan waktu GMT.

Area .id yang sudah expired akan mulai tersedia pada jam 00.00. Jam 00.00 disini bukan menggunakan waktu Indonesia. Jadi tidak bisa beli area jam 12 malam lewat 1 detik.

Melainkan kamu akan menggunakan waktu zona GMT.

Nah, Jam 00.00 waktu GMT di Indonesia akan tiba pada pukul 07.00. Soalnya jam kita di Indonesia +7 dari GMT.

4. Area .id tidak selalu tersedia jam 00.00

Saat pukul 00.00 GMT tiba, bukan berarti area expired otomatis akan langsung tersedia. Area .id akan tersedia dalam waktu yang berbeda-beda.

Bisa saja domainnya tersedia pukul 00.05, 00.28, atau pukul 00.44.

Umumnya di bawah sejam akan tersedia. Jadi pastikan kamu meluangkan waktu selama sejam mulai dari 00.00 GMT hingga 01.00 GMT.

Kalau di WIB kan, itu antara jam 7.00 hingga 08.00 pagi.

5. Pilih supplier area yang metode pembayaran instan dan mudah

Dalam looking area id yang mulai tersedia setelah expired membutuhkan kecepatan. Usahakan kamu menyelesaikan transaksi area sesegera mungkin mulai dari try hingga pembayaran berhasil diterima.

Oleh karena itu, saya menyarankan kamu untuk menggunakan supplier area yang punya alur pembelian area yang mudah dan cepat.

Selain itu kalau bisa pembayaran menggunakan QRIS.

Kenapa saya sarankan QRIS?

Itu karena pembayaran menggunakan QRIS lebih cepat dan mudah, kamu tidak perlu repot memasukkan nomor rekening dan nominal bayar. Otomatis QRIS akan memproses nominal yang harus dibayarkan.

Kapan area .id expired tersedia?

Oke sip, semua suggestions sudah saya kasih tau. Sekarang kita praktik langsung beli area expired .id tepat saat sudah out there.

Di sini saya tidak sertakan screenshot transaksi. Karena saat itu saya fokus untuk membeli area.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles